11 Cara Mengatasi Rasa Sepi

Jika Anda merasa kesepian, Anda tidak sendirian. Keadaan ini dialami hampir semua orang di dunia. Dari hasil penelitian, para ahli kini sudah menemukan penyebab rasa sepi ini sehingga bisa memberikan beberapa cara sederhana dan logis untuk mengatasinya.

“Orang-orang yang merasa kesepian dan mempunyai masalah dalam membentuk hubungan akrab dengan orang lain mempunyai rasa percaya diri yang rendah,” kata psikiater David D. Burns, penulis buku Intimate Connections yang mengembangkan program mengatasi kesepian di Presbyterian Medical Center, Philadelphia. “Mereka takut ditolak dan dicela sehingga bersikap terlalu kritis terhadap diri sendiri. Ini disebabkan mereka mempunyai harapan yang tak masuk akal untuk dirinya sendiri maupun orang lain.”

Rasa percaya diri yang rendah ini membuat seseorang malas keluar, bertemu dengan orang-orang dan menjalin persahabatan. Tapi, sekali Anda belajar mencintai diri Anda sendiri, orang lain dengan sendirinya akan mencintai Anda juga. Dan rasa kesepian akan hilang. Berikut ini, tip yang ditawarkan Dr. Burns.

1. Ingatkan diri Anda tentang bakat dan ciri pembawaan Anda yang membuat Anda bangga pada diri sendiri. Bayangkan diri Anda sebagai seseorang yang menarik dan diperlukan. Orang-orang lain umumnya tertarik pada seseorang yang mempunyai pandangan positif.
2. Laksanakan kegiatan yang selama ini Anda dambakan. Apakah belajar dansa, atau bermain musik, atau kursus bahasa asing, atau melakukan kegiatan sosial. Pandai dalam suatu bidang akan membangkitkan rasa percaya diri.
3. Jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Anda pasti akan selalu menemukan orang lain yang lebih langsing, lebih muda, lebih cerdas, atau lebih seksi. Selain itu, untuk menjalin persahabatan lestari dan saling mengasihi, Anda tak perlu harus cantik atau tampan atau kaya.
4. Bergabung dengan grup yang punya minat yang sama. Pelajari program yang ditawarkan badan pendidikan untuk orang dewasa. Bisa juga bergabung dengan organisasi yang bersifat keagamaan. Atau bergabung dengan grup teater dan sebagainya, yang terdapat di dekat kediaman Anda.
5. Sibukkan diri dengan pekerjaan sukarela. Dengan kegiatan ini, Anda akan lebih memikirkan apa yang bisa Anda berikan kepada orang lain, daripada memikirkan apa yang bisa Anda dapatkan dari orang lain. Hal ini akan membuat Anda merasa senang pada diri sendiri.
6. Lakukan sesuatu yang membuat Anda merasa istimewa. Manjakan diri Anda dengan makanan lezat, tataan rumah / kamar yang menarik, atau kegiatan menyenangkan yang lainnya. Temukan hal-hal yang bisa menyenangkan Anda.
7. Rias diri Anda agar berpenampilan menarik. Kenakan busana yang sedang ngetren yang selama ini selalu Anda hindari. Perubahan citra Anda bisa mempengaruhi perasaan orang-orang terhadap diri Anda.
8. Jangan terlalu kritis terhadap orang lain. Jika Anda mengharap bertemu dengan orang yang sempurna, Anda akan menunggu selamanya.
9. Selalu tersenyum. Katakan, ‘halo’ pada orang tak dikenal di jalan. Jika hal ini membuat Anda salah tingkah, coba mulai lakukan pada sesama jenis. Atau pada orang yang lebih tua, atau anak-anak. Jika Anda sudah percaya diri, Anda akan menemukan, dapat mendekati lawan jenis dengan lebih mudah.
10. Memberi pujian. Orang-orang haus pujian. Dan hampir semua pujian bisa membangkitkan jawaban yang hangat.
11. Bicarakan tentang diri Anda, tujuan dan minat Anda. Jangan merasa pekerjaan dan kepribadian Anda tidak menarik bagi orang lain. Pelajari sebanyak mungkin tentang orang lain. Mereka akan merespon karena Anda tertarik kepada mereka.

Terakhir, bersikaplah lebih santai! Terlalu serius bisa saja merupakan suatu cara untuk menutupi rasa tidak percaya diri. Rileks, senyum, dan berpikir positif tentang diri Anda. Anda akan menjadi lebih mudah berhubungan dengan orang-orang dan rasa kesepian pun hilang.(Aura)

About these ads

37 Tanggapan

  1. benar buaaangett, yang di sampaikan DR BURN
    saya semakin percaya diri niih,thanks buat tips nya

    • aku sih belum mempraktekkan, tapi aku tdk ada sarana untuk itu smua. aku mmpunyai masa lalu buruk yang menyebabkan aku kehilangan semua teman-temanku. dan sekarang aku sendiri, orang lain gak pernah memahami aku. Sekarangpun aku lost contact sama mereka, satupun gak da yang akrab ma aku. Aku kesepian, membuat aku menangis karna kesepianku itu. Aku ngerasa gak pede untuk dekat, untuk mengawali persahabatan dengan teman-temanku. Memang sudah lama sih sekitar 3 thnan.

      • sama..
        aku juga . .
        tp masi ada dikitlah yg mau btemen sama aku

      • kalo, ga pernah mulai, kita ga bakalan berani untuk memulai…

      • brarti mzLah qta sama dund…..

      • sama dgnku tp aq tuh pendiam yg menbwt aq gk punya teman sama skli udh 2 thun waktu sd aq bahgia skali & smp bahagia enth knpa setelah aq sma aq mersa minder dan gk pecya dri banget

      • sekedar sering ringan.

        Kisah yang sama, pastinya setiap orang pernah mengalami kesepian, khususnya masalah sosial. Tak mudah berbuat yang menjadikan diri sendiri percaya diri untuk menarik perhatian orang lain. singkat saja, rasa takut,minder dengan kelemahan kita,arogan, dsb, Itu dasar yang sering membuat kita merasa kesepian. kita selalu bisa berhubungan baik dengan sesama ketika kita tahu titik rendah diri sendiri dan peka terhadap kebutuhan dan penderitaan sesama/orang lain.

        Artikel di atas sangat bermanfaat untuk rutinitas sehari – hari agar diri kita tahu akan dimana seharusnya kita berada. Terima kasih utuk posting – postingnya yang selalu memotifasi akan kehidupan sesama untuk menatap masa depan yang indah. You all the best and keep your smile.

  2. Terima kasih atas pemberitahuannya

  3. thank juga telah nengunjungi blog ini

    • trima kasih atas posting – posting romantika kehidupan yang selalu memotifasi sesama.

  4. Yup, bener bgt. artikel yg menarik. saya sedng membutuhkannya saat ini.

  5. [...] 11 CARA MENGATASI RASA SEPI [...]

  6. hatiku lega stelah membca blog ini,,,,,,,,tq yua ………..

  7. mantab

    ░█░░░█░█░▄▀░█▀▀░░░░▀█▀░█░█░█░▄▀▀░ ░█░░░█░█▀░░░█▀░░▄▄░░█░░█▀█░█░░▀▄░ ░█▄▄░█░█░▀▄░█▄▄░░░░░█░░█░█░█░▄▄▀.

  8. Hai smua…mngkn bwt klian yg ngrasa kspian g pna tmn, itu bkn krna org” dsktr klian g mw brtmn sm klian, tp cba cek diri klian, apakh sdh trbuka dgn mreka? klo klian na aja susah ddketin atau di ajak brtmn, gmn org lain mw jd tmn klian… Prcya dh, g smw org buruk qo. klo gagal sx, g ush tkt untuk bngit lg… SEMANGAT yh teman2…

  9. K’spian mNGKIN menyiksa, tp kLO di didiamkn tRUS akn lbh membWT kita mnderita… Npa ga buat organisasi jJA, khusus bwt mereka yg mw cri sahabat n’ mreka yg mrasa kesepian…

  10. kali ini kesepian yg aq alami nggak punya tmen ngomong n maen selama 2 minggu lebih

  11. makasih iaa atas sran-sarannya mudah-mudahan saya lebih berguna bagi oran disekitar saya.

  12. GUE KAN GANTENG, KAYA, BADAN KU ATLETIS KARNA RAJIN FITNES. JADI CEWEK-CEWEK YANG KEJAR AKU. SUSAH JUGA YACH KALAU TERLAHIR TAMPAN, KAYA DAN BERPENDIDIKAN TINGGI LUAR NEGRI. I HAVE DONE IT WITH AN EXCELLENT MODE AND FOR THE MAGNIFICENT RESULT. SOMBONG DIKIT GAK APALAH, ITUNG-ITUNG JAGA GENGSI GITU. PAMER MOBIL MEWAH SAMBIL PROMOSIIN TEMEN TUK KERJA DI PERUSAHAAN BOKAP, BUKAN IDE GILA JUGA. BIASA AJA LAAHH… KAMPUNGAN BANGET LU PADA… PAYAH…

  13. yang jelas , sebelum memulai sama orang lain , kita harus memulai dari diri sendiri yaa :D teman utama ya diri kita , kalo udah bisa berteman sama diri sendiri , nanti yang laen akan datang ….

  14. almost 100% artikel ini menyatakan tentang kepribadian saya,,saya seorang pria,26 th..tp dari remaja memang saya sangat sulit bersosialisasi dengan orang lain..saya tidak tahu kenapa??yah mungkin rasa kepercayaan diri saya kurang atau selalu merasa rendah diri jika bertemu orang lain..tapi setelah membaca artikel ini,,mudah2an saya bisa menerapkan di hidup saya ..amin

  15. Aq ngrasa ga punya temn berbagi suka dan dukaq, aq ngrasa smua ga ad yg pahami aq dan prasaanq, di mata mreka smua mgkn aq bkan org yg baik. Aq sllu slah , aq ga akan pernah benar ..
    Aq haus kasih syg , aq dr kluarga broken home , aq bner bner ngrasa sepi , kpan aq ngrasain kebahagiaan TUHAN ..

  16. maen games di kompu. ini menurut saya paling efektif karena saya sudah mempraktekkannya

  17. ya.. tapi terkadang rasa itu datang lagi

  18. gue dari kecil emang penyendiri. pemalu. dan ga pandai bersosialisasi. dan semenjak orang tua gue cerai. gue tambah parah! gue gak pernah keluar rumah. paaling kelaur cuma untuk sekolahdan di bully ama preman2 sekolah : (. umur gue 16 tahun dan selama itu juga gue gak pernah punya teman, sahabat, apalagi pacar. i fell lonely everyday. setiap malam nungguin akan ada peri atau hantu atau apa aja yang bisa jadi teman gue. please, buat lo yang baca ini. add fb gue: teroris_a74@yahoo.com (Angga Prastya) this fell make me hurt..

  19. kesepian itu seperti “trapped in a word where everyone hates me.

  20. Sebenarnya, rasa keterasingan, kesunyian ditengah keramaian, merasa kesepian dalam kesendirian akan terkikis secara emosional apabila kita memiliki hubungan yang hangat dengan Allah, Yang Maha Kasih. Ketiadaan hubungan kepada yang Maha Kasih inilah yang menimpa banyak orang sehingga begitu mudahnya terseret pada situasi putus asa bahkan sampai bunuh diri. Hal ini menunjukkan betapa dangkal dan lemahnya iman seseorang dalam menghayati hidup.

    Dalam pandangan Islam, mereka telah terperosok dalam ‘pinggiran’ dimensi spiritual yang mampu menangkap dan merasakan kehadiran Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam dirinya, namun tidak bisa berfungsi. Hatinya telah tertutupi oleh nafsu bagi masuknya cahaya dan kasih sayang Allah sehingga mereka juga kehilangan kasih sayang yang ada pada dirinya.

    Banyak cara untuk mengatasi rasa kesepian tersebut, kesepian di tengah keramaian. Diantaranya adalah sebagai berikut :

    - Allah SWT telah menjawabnya dalam Al Qur’an surah Ar Ra’d ayat 28 yang artinya : “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram”.
    Menurut ayat tersebut, solusinya adalah zikrullah (mengingat Allah SWT).
    Zikir ada tiga, zikir hati yakni dengan mengingat Allah dan berbagai nikmat-Nya, zikir lisan yakni dengan banyak menyebut/memuji Allah SWT (ucapan yang lazim adalah : Subhannallah, Alhamdulillah, Laa ilaha illa Llah, Allahu Akbar), dan zikir amal, yakni dengan melakukan apa yang diperintahkan-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Niscaya dengan zikir kepada Allah pada tiga jenis zikir tersebut, hati kita tidak pernah lagi merasa kesepian (tenang).

    - Ingatkan diri kita tentang bakat yang membuat kita bangga pada diri sendiri.

    - Laksanakan kegiatan yang selama ini kita dambakan. Pandai dalam suatu bidang akan membangkitkan rasa percaya diri.

    - Jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

    - Bergabung dengan grup yang punya minat yang sama.

    - Sibukkan diri dengan pekerjaan sukarela. Dengan kegiatan ini, kita akan lebih memikirkan apa yang bisa kitaberikan kepada orang lain, daripada memikirkan apa yang bisa kita dapatkan dari orang lain.

    - Jangan terlalu kritis terhadap orang lain. Jika kita mengharap bertemu dengan orang yang sempurna, kita akan menunggu selamanya.

    - Selalu tersenyum, karena senyum itu sendiri merupakan ibadah.

  21. sekarang ini sulit sekali mencari teman yg benar-benar baik dan tulus menerima kita apa adanya. jaman sekarang, orang lebih suka bermuka dua. itu yang membuat saya sulit membuka diri, apa lagi bersikap ceria di hadapan mereka. itu sulit sekali.
    saya sudh berusaha sebisa mungkin utk bersikap bersahabat ,ramah, dan menyapa duluan, tapi tetap saja lingkungan saya tidak pernah merubah imeg saya di mata mereka. saya nggak tahu saya punya salah apa sama mereka. itu yg membuat saya malas utk bergaul, apa lagi bertemu dgn mereka. jadi.. kadang saya merasa lebih baik sendiri. tapi terkadang sendiri itu juga tidak enak, dan akan menemukan cukup banyak kesulitan.
    hampir setiap hari pun saya berdoa pada Allah swt.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: