:: PSIKOLOGI CINTA ::

Psikologi sebagai ilmu yang mempelajari manusia, sudah lama tertarik dengan konsep cinta. Hanya saja masalahnya, sebagai sebuah konsep… cinta sedemikian abstraknya sehingga sulit untuk didekati secara ilmiah. Dalam tulisan ini dipilih teori seorang psikolog, Robert Sternberg. Yang telah berusaha untuk menjabarkan cinta dalam konteks hubungan antara dua orang.


Menurut Sternberg, cinta adalah sebuah kisah, kisah yang ditulis oleh setiap orang. Kisah tersebut merefleksikan kepribadian, minat dan perasaan seseorang terhadap suatu hubungan. Ada kisah tentang perang memperebutkan kekuasaan, misteri, permainan, dsb. Kisah pada setiap orang berasal dari “skenario” yang sudah dikenalnya, apakah dari orang tua, pengalaman, cerita, dsb. Kisah ini biasanya mempengaruhi orang bagaimana ia bersikap dan bertindak dalam sebuah hubungan.

Sternberg terkenal dengan teorinya tentang “Segitiga Cinta” (bukan cinta segitiga lho…!). Segitiga cinta itu mengandung komponen : (1). Keintiman (Intimacy), (2). Gairah (Passion) dan (3). Komitmen.

Keintiman adalah elemen emosi, yang didalamnya terdapat kehangatan, kepercayaan (trust), dan keinginan untuk membina hubungan. Ciri-cirinya antara lain seseorang akan merasa dekat dengan seseorang, senang bercakap-cakap dengannya sampai waktu yang lama, merasa rindu bila lama tidak bertemu. Gairah adalah elemen motivasional yang didasari oleh dorongan dari dalam diri yang bersifat seksual. Komitmen adalah elemen kognitif, berupa keputusan untuk secara sinambung dan tetap menjalankan suatu kehidupan bersama.

Menurut Sternberg, setiap komponen itu pada tiap-tiap orang berbeda derajatnya. Ada yang hanya tinggi di gairah, tapi rendah pada komitmen. Sedangkan cinta yang ideal adalah apabila ketiga komitmen itu berada dalam proporsi yang sesuai pada suatu waktu tertentu. Misalnya pada tahap awal hubungan, yang paling besar adalah komponen keintiman. Setelah keintiman berlanjut pada gairah yang lebih besar (dalam beberapa budaya) harus disertai dengan komitmen yang lebih besar, misalnya melalui perkawinan.

Seperti telah diuraikan sebelumnya, pada hubungn cinta seseorang sangat ditentukan oleh pengalamannya sendiri mulai dari masa kanak-kanak. Bagaimana orang tuanya saling mengekspresikan perasaan cinta mereka (atau malah bertengkar melulu..). Hubungan awal denga n teman-teman dekat, kisah-kisah romantis sampai yang horor, dsb. akan membekas dan mempengaruhi seseorang dalam berhubungan. Karenanya setiap orang disarankan untuk menyadari kisah cinta yang ditulis untuk dirinya sendiri.

Memang teori Sternberg tentang cinta ini belumlah lengkap dan memuaskan semua orang misalnya bagaimana teori ini dapat menjelaskan cinta ibu terhadap anak-anaknya?
Atau bagaimana cinta dapat dipertentangkan dengan perang dan kebencian?
Hanya saja, sebagai sebuah deskripsi ilmiah terhadap fenomena cinta, teori ini dapat dikatakan cukup membantu dalam memetakan pola-pola hubungan cinta antar individu.

About these ads

43 Tanggapan

  1. bagi saya,cinta itu buta.kadangkala tak ada logika.ilusi sume hasrat dalam hati…kerana ingin apa ku miliki.sesungguhnya ALLAH adalah cinta suci.

    • Cinta itu tidak buta,, karena cinta itu bisa membuat kita saling mengenal satu sama lain.

      Cinta tak buta,, Jika membuat kita melupakan semuanya itu bukan karena cinta tetapi karena pribadi yang menyalah artikan cinta.

      cinta itu indah,, jika ada perselingkuhan itu bukan karena cinta tak indah. sekali lagi itu dikarenakan pribadi yang salah mengartikan cinta.

      Cinta Itu anugrah yang indah dan suci.

  2. cinta itu adalah anugrah yang luar biasa yang di berikan tuhan ke seluruh umat manusia ,,
    tapi kata someone ,,
    jangan sampe cinta menguasai hidup kita ,,
    kita yang harus bisas berfikir lebih realitas ,,

  3. Bgi saya cinta itu tidak buta, bila dia buta.. lalu knp dia bisa melihat kelbihan dan kkurangan objek yang dicintai? dia tidak buta tapi mampu menerima, dalm arti dia tidak muncul atas dasar karena tapi walaupun….

  4. saya ingin membuat penelitian tentang korelasi antara hubungan cinta antara sesama karyawan dengan kinerja kerja suatu perusahaan “X”. tetapi yang menjadi kendala adalah, bahwa pihak fakultas psikologi ditempat universitas saya, masih memepertanyakan keabsahan teori psikologi cinta tersebut. dimana psikologi cinta masih dianggap sebagai psikologi populer dan belum layak untuk dijadikan acuan sebagai teori pada suau penelitian.apakah benar suatu teori baru tentang psikologi cinta atau psikologi baru lainnya belum cukup teruji dan belum pantas untuk dijadikan acuan teori untuk suatu penelitian? kalau seperti itu kapan suatu ilmu itu akan berkembang, kalau kita hanya mengandalkan teori-teori lama semata, dan sudah basi untuk dibahas, dan memang sudah banyak para peneliti yang memakai dan membahas teori yang lama tersebut.kebetulan teori yang saya ajukan, dan ditolak oleh pihak fakultas, adalah teori dari Robert Sternberg tentang psikologi cinta, yang membahas hubungan cinta antara dua individu. apa benar artikel yang ditampilkan diweb ini adalah bahasan suatu teori yang memang belum teruji keabsahannya? mohon kejelasannya, jika bisa tolong dibalas email saya.
    trim’s

  5. cinta itu berbahaya klo tak bisa mengenalnya
    ;dh/

  6. pyaar…dhosti..mujhse dhosti karoge?????

  7. @sim88
    artinya apa bro

  8. TERIMA KASIH YA ALLAH SWT

  9. maaf iya mencelah…bagi saya cinta itu indah…universal…hitam dan putih cinta itu bgantung kepada pencinta dan yang memiliki cinta itu sendiri…

  10. makasih mas minz atas masukannya,saya setuju dengan pendapat anda segaala sesuatu itu memang bagaimana seseorang itu menerima ato menolak suatu hal,thanks

  11. cinta itu sesuatu yang ada dalam kehidupan yang abstrak, karena cinta adalah mimpi yang indah.
    cinta lahir dari hati,tidak dari naluri dan nafsu

    • Kok nama lho kurniadi bkan kurniawan. Aku sepakat dengan kata-kata mu. karena setiap manusia pasti punya cinta

  12. Nice entry. Kunjungan pertama minggu ini, met kenal. Will visit again, someday.. ;)

    Solusi Romansa #1 di Indonesia

  13. udah penat bercalp pasal cintal,knpe ia hadir dan menyakitkn jiwa raga ku..sungguh aku tidak faham…xade ke cinta sejati lam dunia ni..

  14. knp dia diam mmbisu…dah xnk kat aku ker????aku dah pnt tnye knp dia diam cm2..so perlu ker aku mntk putus???aku dah x cntct dia..dia pun cm2 gak…bila aku igt apa yang dia buat kt aku,aku rase xnk cntct dia smpai ble2..dia cm xrespect aku..so perlu ker aku diam mmbisu jer or aku mntk pts jer…tp aku still sayang kn dia…………………….

  15. Cinta itu tidak buta. Tapi cinta itu memahami.
    Tetapi terkadang cinta membuat hati menjadi buta. itu semua tergantung kita yang melaksanakan.

  16. knpa cnta buta??

    • karena ketika kita jatuh cinta sama seseorang kadang kita suka lupa sama yang lainnya dan cinta tidak pernah mengenal ras dan status. tapi tidak semua juga.

  17. kenapa kita bisa mencintai seseorang

  18. Guys…..u must try this.tapi
    kalian bener2 jangan ngeliat jawabannya di
    bawah ya…loe ikutin aja instruksi2nya, dijamin
    deh bakal kaget loe liat hasilnya, gue aja masih
    terheran2 dan geleng2 kepala……tapi mikirnya
    jangan lama2, apa yang ada di hati loe aja
    tapi bukan berarti asal2an loooohh…..enjoy….

    Psikotest ini diambil dari email internet,
    diterjemahkan oleh orang tersebut dari bahasa
    asalnya Japanese. Anda akan menemukan hasil
    yang sangat mengejutkan. Orang yang
    memikirkan
    game ini, konon sesudah membaca mail ini,
    harapannya dapat terkabul. Pasti anda akan
    terkejut melihat hasilnya.!!!
    Cuma janji dulu, JANGAN MEMBACA JAWABAN
    DIBAWAHNYA TERLEBIH DAHULU.
    ISI DULU INSTRUKSI YANG DIMINTA.
    BACA SATU PARAGRAF DEMI SATU
    PARAGRAF.
    Pertama-tama siapkan bolpen dan kertas.
    Waktu memilih nama, anda harus memilih orang
    yang anda kenal. Jangan terlalu banyak mikir,
    tulislah apa yang ada di kepala anda.

    INGAT : Maju satu paragraf per paragraf.
    Kalau anda membaca kelanjutannya, Permohonan
    anda tidak akan terkabul.
    1.. Pertama-tama tulis angka 1 sampai sebelas di
    kertas anda secara vertikal (atas ke bawah)

    2.. Tulis angka yang paling kamu senang (antara1-
    11) disebelah angka No.1 dan 2

    3.. Tulis 2 nama orang (lawan jenis) yang kamu
    kenal, masing-masing di No.3 dan No.7

    4.. Tulis 3 nama orang yang kamu kenal di No.4, 5,
    dan 6. Disini kamu boleh menulis nama orang di
    keluarga, teman, kenalan. Siapapun OK. Cuma
    harus yang kamu kenal

    5.. Di no.8, 9, 10 dan 11 kamu tulis nama judul
    lagu yang berbeda-beda

    6.. Terakhir, tulis kamu punya permohonan.(Kamu
    minta permohonan)

    NAH……… dibawah ini ada jawaban dari psikotest-
    nya mudah-mudahan cocok jawabannya.
    1.. Anda harus memberitahu ke orang yang anda
    tulis di No. 7 tentang psi kotest ini.
    2.. Orang yang anda tulis di No.3 adalah orang
    yang kamu cintai.
    3.. Orang yang anda tulis di No.7 adalah orang
    yang kamu suka, tetapi bertepuk sebelah tangan.
    4.. Orang yang anda tulis di No.4 adalah orang
    yang anda rasa paling penting bagi anda.
    5.. Orang yang anda tulis di No.5 adalah orang
    yang paling mengerti tentang anda.
    6.. Orang yang anda tulis di No. 6 adalah orang
    yang membawa keberuntungan pada anda.
    7.. Lagu yang anda tulis di no. 8 adalah lagu yang
    ditujukan untuk orang No.3
    8.. Lagu yang anda tulis di no.9 adalah lagu yang
    ditujukan untuk orangNo.7
    9.. Lagu yang anda tulis di no.10 adalah lagu yang
    melukiskan apa yang ada di hati anda.
    10.. Terakhir, lagu yang anda tulis di No.11 adalah
    lagu yang melukiskan hidup anda.

    BAGAIMANA APAKAH CUKUP
    JITU ??????

  19. hmmmm……..oke juga

  20. cinta itu aneh and apa mungkin ada cinta sejati di dunia nie… Because”.. I don’t know why?…. apa yang dia lakukan di luar sana… dan apa ada wanita yang setia di dunia ini?… Be”… kita mengenal lebih dari 11 lawan jenis… sMile…. smangat je nie semua cuma cerita hidup yang harus dijalani…… N jangan banyak2 dosa.. tar tambah lama di neraka…. hi..hi.. and jangan pernah sakiti pasanganMu apapun yang terjadi….. walau dia berniat menyakiti kite… senyum aje kale…. tu yang terbaik…

    BY: lonely boys… Talk about me…… hiihi…. IslaMic wOrld….

  21. hi…

  22. oke, lumayan bisa bikin aku tu berfikir ulang…ya jadi rada merasa gimana ya? he2x ……

  23. oke,…..perlu pemikiran mateng

  24. Saya punya cerita cinta yang mungkin ada yang bisa berbagi bagaimana mencari solusi terbaik untuk situasi cinta yang saya hadapi ini.

    Begini…….
    Saat kelas 1 MTs, saya menyukai seorang gadis, tetapi karena saya pendiam, rasa suka itu saya pendam. Tak pernah saya utarakan, walau melalui surat. Tapi, sepertinya dia bisa membaca bahwa saya ada rasa suka terhadapnya.

    Waktu berlalu, saya melanjutkan pendidikan di SMU di Bandung, dia di SMK di Cirebon. (Kami dari tempat yang berjauhan, dia Orang Indramayu, saya orang Subang)

    Saat kelas 3 SMU, saya kirim surat padanya yang isinya menyatakan bahwa saya menyukai dia. Dia membalas, yang isinya masih “remang-remang”. Kemudian saya kirim lagi surat, dan berbalas lagi, agar saya telpon dia di Pesantren nya, dan agar saya bisa menemui dia di Cirebon.

    Singkat kata, saya berangkat ke Cirebon, tetapi karena saya tersesat di Cirebon, pertemuan saya dengannya tidak pernah terjadi.
    Waktu berlalu, dan saya tidak lagi berharap banyak cinta saya berbalas, dan saya pun tidak lagi mengingat dia.

    Hingga akhirnya, 15 tahun kemudian (dihitung sejak kelas 1 MTs) atau 10 tahun kemudian (dihitung sejak 3 SMU), datang surat dari dia. Isi surat itu menuturkan bahwa sebenarnya dia dulu ingin bertemu dengan saya.

    Yang jadi persolan adalah, saya saat ini sudah berumah tangga, sudah 4 tahun. Saya sangat menyayangi istri saya dan tidak terbersit niat sedikitpun untuk meninggalkan istri saya. Tapi… saya didera kerinduan pada dia. Baru kali ini saya merasakan hal seperti ini.

    Awalnya, saya kerapkali telpon dia (saat ini berada di Malaysia), tetapi kemudian dia bilang jangan telpon tiap hari, ntar abis duit. Saya bilang ga peduli kok, yang penting itu hanya sebagian kecil diambil dari keuangan saya.

    Sekarang, saya didera sakit kepala yang lumayan berat. Ternyata seperti ini ya kalau dihadapkan pada situasi cinta yang kurang mendukung secara waktu dan tempat. Inginnya tiap hari saya telpon dia.

    So…, apa yang harus saya lakukan.
    Saya menyayangi istri saya, sangat.
    Saya pun menyayangi gadis itu.
    Seandainya surat dari gadis itu tidak sampai, mungkin suasana hati saya tidak akan seperti sekarang ini.

  25. cinta cinta cinta…

    dari dulu begitulah cinta, penderitaannya tiada akhir..

  26. heheheh best ar…… setia la pda org yg kmu sayang… cinta mengikut syariat islam…. mendapat barkah… amin,,

  27. cinta itu ANUGRAH TUHAN….
    Tiada ciptaan tuhan yg tak sempurna..
    pahit dan manis adalah konsekuensinya…
    Bijaklah dalam cinta…,jangan berlebihan saat cinta itu indah, dan jangan mencela cinta saat pahit….
    kerana cinta ANUGRAH dari NYA…
    MAKA mintalah petunjuk dari NYA untuk menjalani nya..

  28. […] :: PSIKOLOGI CINTA :: […]

  29. cinta tidak membuat seseorang buta, tetapi cinta dapat melumpuhkan logika…
    salam ukhuwah all..

    http://abdwachid.wordpress.com/

  30. bagusss…

  31. cinta itu tidak buta tapi logika yg membutakan cinta

  32. cinta adalah luapan emosi dan perasaan.
    yang jadi pertanyaan apakah ada cinta sejati.?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: